Penyebab Dan Cara Penanganan Bayi Kuning | Lampu Fototerapi

Faktor penyebab dari bayi kuning yang perlu diketahui dan diwaspadai adalah sebuah pigmen bernama bilirubin. Bilirubin ini sebetulnya juga terdapat di dalam sel darah merah tiap orang, dimana dalam jangka waktu tertentu sel darah merah akan mati kemudian menguraikan sel-selnya termasuk didalamnya bilirubin ini.

Yang melakukan penguraian bilirubin sebenarnya adalah hati, selanjutnya dibuang melalui BAB. Pada saat bayi masih berada dalam rahim maka penguraian bilirubin yang ada di sel darah merah bayi akan dilakukan oleh hati si ibu. Saat bayi baru lahir, hati nya belum bisa berfungsi dengan baik karena memang belum sempurna, hal ini akan menyebabkan terjadinya penumpukan bilirubin dan berakibat munculnya warna kuning pada kulit bayi.

jual inkubator bayi murah

Gejala bayi kuning ini dapat dilihat terutama pada bagian wajah serta bagian tubuh lainnya. Kulit bayi bila ditekan maka akan muncul warna kuning. Bagian yang paling jelas adalah pada gusi dan pada bagian putih mata yang akan muncul atau berubah warna kuning. Pada kadar bilirubin yang sudah terlalu tinggi biasanya bayi akan menjadi loyo, menderita demam dan tidak bernafsu lagi untuk minum susu.

Salah satu tindakan medis yang bisa dilakukan untuk menangani bayi kuning ini adalah dengan fototerapi atau penyinaran blue light. Ini berguna untuk menguraikan bilirubin pada tubuh bayi sehingga bisa dikeluarkan lewat urin. Alat fototerapi biasanya berupa lampu berwarna biru yang berguna untuk memberikan kehangatan. Mengingat pentingnya alat ini untuk dunia medis, sehingga saat ini semua toko alat kesehatan telah menyediakannya. Mereka ada yang jual lampu fototerapi murah dan ada juga yang mahal sesuai dengan spesifikasi alatnya. Untuk lebih jelasnya anda bisa kunjungi website resmi distributor alat kesehatan untuk bayi prematur di www.pusatinkubatorbayi.com

Ketika bayi sudah dibawa pulang kerumah, orangtua juga tetap bisa melakukan perawatan seperti fototerapi ini, cuma bedanya adalah dengan menggunakan sinar matahari sebagai penggantinya. Bagian tubuh yang perlu dijemur adalah khususnya bagian punggung, dada dan perut bayi.

Namun ada hal penting yang perlu diperhatikan pada waktu menjemur bayi kuning dibawah sinar matahari, yaitu terkait waktu penjemuran. Waktu penjemuran yang paling baik adalah ketika matahari sedang mulai naik yaitu sekitar pukul 7 sampai 9 pagi. Bayi usahakan tidak memakai baju, namun tetap harus disediakan selimut untuk menjaga bayi dari kedinginan saat ada angin. Sebaiknya hindari sinar matahari langsung terutama untuk bagian wajah dan mata, posisi terbaik yaitu dengan terlentang atau tengkurap namun membelakangi matahari, sehingga nantinya sinar matahari akan datang dari belakang kepala si bayi.

Itu tadi adalah sedikit penjelasan tentang penyebab dan cara menangani bayi kuning, untuk penanganan yang lebih tepat dan akurat sebaiknya anda konsultasikan langsung dengan dokter yang ahli di bidangnya.