Gambar Anak Sebagai Ekspresi Diri Mereka

 

 

Temukan info tentang evamat puzzle murah  di sini

Gambar adalah bahasa, ekspresi simbolik dari peristiwa yang terjadi dalam kehidupan anak dan lingkungan keluarga di mana ia berkegiatan. Sebagai cermin dari sejarah anak, gambar memungkinkan kita untuk mengenalnya lebih baik.

Menggambar timbul secara spontan. Anak-anak mengalaminya, merasa senang dan bebas yang dituankan bentuk dan warna dalam upaya untuk mengungkapkan perasaan mereka dan mencari pengetahuan untuk mencapai tentang berbagai banyak hal yang belum ia ketahui. Bagi mereka itu adalah sarana berekspresi yang berbeda, bahasa sederhana yang memungkinkan mereka menyalurkan fantasi yang tak terbatas dan sarana hiburan. Hal ini lebih dari sekedar kegiatan sekolah, cara untuk menguasai objek dan situasi menundukkan keinginan mereka sendiri: gambar pada akhirnya merupakan pembelajaran istimewa, adaptif dan keseimbangan berarti, mengintegrasikan pengembangan intelektual dan emosional.

Sebuah refleksi dari pengalaman mereka

Gambar anak-anak, dari usia mereka dua setengah tahun mengandung makna komunikatif. Anak mulai tertarik orang lain, melakukan penerimaan dan peduli tentang penilaian orang lain tentang kreasi mereka. Antara usia yang berumur 6 atau 7 tahun, pemikiran anak-anak didominasi, menurut psikologi evolusioner, fungsi simbolik, yang merupakan pilar dasar bahasa, yakni melalui bermain dan menggambar. Sangat penting bahwa anak secara lisan mengungkapkan apa yang menurutnya menarik sehingga merasakan emosi yang Anda alami pula, situasi yang menyebabkan konflik atau masalah yang menyangkut Anda.

struktur kepribadian

Hati-hati ketika anak mulai mengamati beberapa gambar tanpa ada bimbingan dari prang tua. Tingkat kognitif anak  dan pematangan perseptual-motor, memiliki pengetahuan itu sendiri, kualitas dan kuantitas rangsangan lingkungan yang diterima dan keseimbangan atau perubahan psikoaktifitas mereka adalah plasma. Dan ini mungkin karena gambar menimbulkan anak untuk mengekspresikan diri mereka secara bebas, tanpa sensor, sesuatu yang kenyataannya tidak selalu memungkinkan. gambar spontan mengungkapkan aspek-aspek dasar dari struktur kepribadian. Oleh karena itu pada anak menggambar psikologi digunakan sebagai alat diagnostik untuk mendeteksi kesulitan pematangan anak atau gangguan kepribadian. Tapi juga digunakan sebagai kegiatan terapi bagi anak untuk memproyeksikan konflik mereka dan melepaskan ketegangan. Ketika ekspresi grafis telah berkembang, kita menemukan aman dan terkendali kuat stroke, koordinasi dan organisasi gerakan, kecepatan dan ritme, organisasi persepsi, orientasi dan gerakan dalam ruang didefinisikan, pengembangan yang tepat dari laterality dan pengetahuan skema tubuh.

Gambar yang baik untuk diketahui

Gambar  merupakan sarana yang mewakili fantasi, keinginan dan pengalaman. Ini memberikan kesenangan. Anak tertarik  secara alami. Menggambar  untuk dia berarti  permainan. Melakukan  kontrol atas kecemasan yang dihasilkan dalam situasi bermasalah, berubah menjadi pengalaman  pasif menjadi pengalaman aktif.  Ini memberikan indikator pada pengembangan dan pematangan anak. Bermain bersama diri Anda sendiri, sebagaiorang tuanya, dan kemudian menggambar binatang benda mati adalah urutan yang paling umum dalam perkembangan normal anak.

 

Perkembangan gambar anak

· 0 sampai 2 tahun (sensorimotor Stage). Anak-anak pada usia ini sering menggunakan bahan-bahan seperti mainan. Mereka berdedikasi untuk agitasi atau meremas kertas dan memukul tongkat cat atau mode gendang. Namun, cepat belajar utilitas benda ini dengan imitasi, dan terisolasi dengan hanya melakukan garis pendek putus-putus yang lebih dominasi motor debit gambar itu sendiri.

· 2 sampai 3 tahun (tahap simbolik Top-intuitif akan memperpanjang sampai tujuh tahun). Meskipun telah mencoba bahan yang berbeda, mereka lebih memilih lilin lembut, mengharuskan mereka sedikit usaha dalam upaya untuk mengisi kertas. Daun yang meja terlalu kecil dan dinding dan cat tanpa menerima batas, dengan dominasi garis bulat. Mereka berputar-putar: lukisan adalah bos di lengan dan seluruh tubuh bergerak dan kertas. Mereka memberikan nama pada gambar-gambar tanpa objek dikenali.

· Dari 3 sampai 4 tahun. Pada usia ini ada sebuah proyek, mereka mencoba untuk menggambar sesuatu. Adalah bentuk figuratif pertama. Ada keinginan untuk realisme dimanjakan oleh kurangnya pematangan dalam keterampilan motorik: mereka belum siap untuk melukis segala sesuatu yang mereka inginkan. Mereka ingin mencoba warna baru dan bentuk dan menyalin apa yang orang lain lakukan. Mereka mendominasi struktur vertikal dan horizontal.

· Dari 4 sampai 5 tahun. Pada usia ini mereka mulai untuk mereproduksi realitas dan gambar kadang-kadang luar biasa rinci tanpa kehilangan kreativitas. Gambar ini digunakan sebagai ekspresi dari segala sesuatu yang terjadi, begitu sering mencerminkan suasana hati mereka dan pembentukan kepribadian. Dipilih skema objek yang paling signifikan dan mereka mereproduksi. kontrol latihan dari pergelangan tangan.

· Dari 5 sampai 7 tahun. Pada usia ini realisme magis timbul terkenal realitas, tetapi lebih memilih sentuhan fantasi. Mereka mendominasi struktur perspektif dan miring, yang membuka jalan untuk kemungkinan tak terbatas berekspresi. Ini adalah waktu untuk menciptakan dasar yang tepat penulisan.

Cara  kreatifitas anak

• Menciptakan lingkungan yang mendorong dan merangsang gambar, menyediakan alat yang diperlukan untuk melaksanakannya. gambar tidak perlu ruang besar, kamar khusus atau cara terlalu mahal.
· Bertujuan untuk anak-anak kita untuk menggambar kelas atau lukisan, jika mereka ingin. Hal ini dapat menjadi stimulus besar untuk kreativitas dan kebebasan berekspresi.
· Memahami bahwa untuk membuat gambar tidak ada keahlian khusus yang diperlukan, sebagai ekspresi grafis tidak eksklusif untuk jenius ?? ??. Hal ini bertujuan agar anak-anak kita lebih ekspresif, ceria, komunikatif dan sehat orang, tidak ada pelukis besar.
· Tahu nilai gambar dalam aspek keseimbangan emosional yang mendukung. Menggambar mengembangkan kemampuan anak untuk merespon secara memadai untuk lingkungan di mana mereka tinggal.