Cara Memutihkan Gigi Anak yang Aman dan Tidak berbahaya

Menjaga kesehatan gigi khususnya pada anak-anak memang perlu dan harus dilakukan. Hal ini dikarenakan karena gigi pada anak mudah sekali terserang berbagai kuman sehingga rawan terjadi kerusakan baik itu gigi berlubang atau gigi berubah menjadi kekuningan. Sebenarnya ada cara memutihkan gigi anak yang aman dan tidak berbahaya namun masih banyak orang tua yang tidak mengetahui cara tersebut sehingga lebih memilih menggunakan bahan-bahan kimia berbahaya yang nyatanya justru merusak gigi sang anak.

Bagaimana cara memutihkan gigi anak yang aman dan tidak berbahaya?

Satu-satunya cara memutihkan gigi anak yang aman dan tidak berbahaya adalah dengan menggunakan beragam bahan-bahan alami yang tentunya aman untuk si kecil. Anda tentu sudah tahu bukan ada banyak sekali bahan-bahan makanan yang ternyata bisa dimanfaatkan untuk memutihkan gigi baik itu untuk orang dewasa maupun anak-anak. Meski demikian, Anda harus tetap memperhatikan mana bahan baku alami yang kiranya aman untuk si kecil dan tidak akan menimbulkan masalah nantinya.

  1. Cara memutihkan gigi pada anak dengan kulit pisang

Siapa yang mengira jika kulit buah pisang dapat digunakan sebagai bahan pemutih alami yang pastinya aman untuk anak. Kandungan asam dalam buah pisang memang tidak terlalu tinggi namun ternyata cukup ampuh untuk menghilangkan plak dan memutihkan gigi. Cara untuk memanfaatkan kulit buah tropis tersebut juga sangat mudah yakni dengan menggosok-gosokkan bagian dalam kulit buah pisang ke gigi si kecil selama dua menit saja. Setelah itu bilas dengan cara kumur-kumur hingga benar-benar bersih. Untuk memperoleh hasil maksimal, Anda bisa mengulangi cara tersebut selama beberapa hari.

  1. Cara memutihkan gigi pada anak dengan mengkonsumsi buah dan sayuran mentah

Cara memutihkan gigi anak selanjutnya adalah dengan cara mengkonsumsi buah dan sayuran mentah. Menurut sebuah penelitian menyebutkan mengkonsumsi kacang-kacangan, apel, atau wortel mentah, dapat menjaga dan merawat kesehatan gigi. Tidak hanya itu, dengan mengonsumsi buah dan sayuran mentah ternyata juga dapat menjaga agar gigi tetap bersih dan putih. Hal ini dikarenakan saat mengunyah makanan tersebut, lapisan tipis dari kotoran penyebab gigi kuning dan munculnya plak pada gigi akan dapat dibersihkan.

Tidak hanya itu, mengonsumsi sayuran dan buah yang terasa renyah seperti jambu, apel dan lain sebagainya ternyata juga akan membuat gigi anak menjadi lebih putih. Hal ini dikarenakan karena plak-plak dari gigi akan secara tidak langsung dibersihkan saat mengunyah makanan tersebut.

Selain memahami cara memutihkan gigi anak dengan aman dan sehat, ada baiknya juga untuk menghindari hal-hal yang membuat gigi kuning. Contohnya seperti tidak rutin sikat gigi, mengonsumsi banyak makanan manis dan juga makanan yang mengandung banyak gula seperti permen dan coklat.